Posted by: ohksatriaku | December 31, 2007

Biaya Pemrosesan Visa Non-Imigran AS Naik Menjadi USD 131

21 Desember 2007

Mulai 1 Januari 2008, biaya pemrosesan permohonan visa non-imigran AS akan naik dari 100 dolar menjadi 131 dolar (pembayaran hanya dalam mata uang rupiah). Kenaikan ini merupakan yang pertama kalinya sejak tahun 2002, hal ini disebabkan semakin meningkatnya prosedur keamanan dan teknologi yang diterapkan dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

Kenaikan biaya ini merefleksikan biaya sebenarnya dari pemrosesan setiap permohonan visa non-imigran, termasuk pemeriksaan keamanan dan teknologi baru, seperti alat pemindai sidik jari yang baru, piranti lunak untuk pengenalan wajah dan fitur-fitur keamanan biometrik yang lebih canggih lainnya yang bertujuan untuk membuat perjalanan ke Amerika Serikat menjadi lebih aman.

“Selama lebih dari tiga tahun terakhir, biaya pemrosesan visa dari tiap pemohon telah melebihi 100 dolar,” ujar Konsul Jenderal AS di Jakarta William Howe. “Kenaikan terbaru ini pada akhirnya akan mencerminkan biaya sesungguhnya dari pemrosesan visa non-imigran dan membuat perjalanan ke AS menjadi seaman mungkin bagi warga negara Indonesia.”

Sesuai hukum yang berlaku, Departemen Luar Negeri AS diharuskan mengganti biaya pemrosesan visa non-imigran melalui pemungutan biaya permohonan visa ini. Biaya permohonan visa dibayarkan pada saat wawancara di Kedutaan Besar AS, dan biaya ini tak dapat ditarik kembali.

Selain itu, biaya permohonan untuk visa imigran AS (termasuk diversity visa) akan naik sebesar 20 dolar, dari 335 dolar menjadi 355 dolar, mulai 1 Januari 2008.  Biaya tersebut secara akurat merefleksikan biaya fitur-fitur keamanan biometrik yang lebih canggih yang telah ditambahkan pada sistem pemrosesan visa imigran.  Para pelamar yang telah membayar biaya permohonan senilai 335 dolar sebelum 1 Januari 2008 akan diproses tanpa biaya tambahan meskipun mereka dipanggil untuk wawancara visa imigran setelah 1 Januari 2008.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: